Share this:

6 Tips Berhasil Nego Gaji untuk Pekerjaan Social Media Specialist

https://blog.growskill.id/bagaimana-cara-menghitung-gaji-freelance-di-indonesia/

Table of Contents

Growskill – Menjadi salah satu contoh kerja freelance yang menguntungkan, berapa sih gaji social media specialist? Artikel ini akan memberikan jawaban untuk kamu yang sudah penasaran. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya kamu baca dulu penjelasan tentang profesi social media specialist berikut ini. 

Apa itu Social Media Specialist?

Seorang spesialis media sosial adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mempromosikan suatu brand, perusahaan atau organisasi melalui media sosial. Tujuan utama dari profesi ini adalah untuk membangun serta memelihara citra brand di dunia digital.

Jika kamu bekerja sebagai seorang social media specialist, kamu juga ikut bertanggung jawab mengelola iklan dan kampanye produk. Dimulai pada level brand awareness sampai pada pembelian produk.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Social Media Specialist

Tugas utama seorang spesialis media sosial adalah mengoptimasi media sosial sebagai sarana promosi. Untuk lebih detailnya, tugas social media specialist meliputi.

Strategi Konten dan Kampanye Iklan

Jika kamu ingin menjadi social media specialist, maka kamu harus membuat dan menjalankan content strategic pada platform media sosial yang dimiliki perusahaan. Mulai dari brainstorming ide dan konsep, pembuatan, penargetan, sampai menjalankan campaign yang diikuti evaluasi.

Pengelolaan Akun

Meski sudah memiliki timeline dan content calendar bulanan, kamu juga harus memastikan konten terunggah sesuai jadwal. Saat posting, pastikan sekali lagi konsistensi dalam penyampaian key message serta estetika yang terkandung dalam brand guideline. Konsistensi ini menjadi hal penting agar setiap orang yang kebetulan melihat konten langsung tahu bahwa itu adalah konten dari brand-mu

Menjaga Citra Lewat Interaksi dengan Pengguna Lain

Tugas social media specialist selanjutnya adalah memastikan social media admin memberikan respons serta berinteraksi dengan pengguna media sosial lain sesuai citra yang ingin dibangun brand. Tak sedikit pula suatu brand yang sama memiliki citra yang berbeda di dua platform social media yang berbeda.

Analisis Kinerja

Setelah menyusun dan menjalankan suatu kampanye, spesialis media sosial juga diharuskan melakukan evaluasi kinerja kampanye. Perhatikan matriks yang digunakan sebagai landasan pengukuran berhasil atau tidaknya suatu kampanye seperti tingkat keterlibatan, pertumbuhan followers, dan juga konversi. Dari data ini, kamu bisa menilai apakah perlu adanya perubahan strategi untuk kampanye selanjutnya.

Baca Juga:

Segini Besaran Gaji Freelance Social Media Tahun 2024

Penting! Ini Faktor Penentu Gaji Admin Social Media

Berapa Gaji Social Media Specialist?

Tugas-tugas seorang social media specialist cukup banyak dan kamu harus bisa memahami isu dan tren di media sosial. Spesialis media sosial juga bisa menjadi contoh kerja freelance dengan gaji fantastis.

Gaji social media specialist berkisar di angka Rp 5.000.000,- sampai Rp 8.000.000,- tergantung pada lokasi perusahaan dan kemampuan yang kamu miliki. Jika kamu memiliki pemahaman mendalam dan spesifik atas satu media sosial, kamu bisa memperoleh penawaran gaji lebih tinggi.

Tips Nego Social Media Specialist

Setelah melalui berbagai proses recruitment, akhirnya kamu sampai pada tahapan negosiasi gaji. Momen negosiasi gaji ini menjadi momen krusial karena akan menentukan gajimu ke depannya.

Kamu harus memberi rentang gaji yang masuk akal, namun tetap menghargai kualitas dirimu. Nah, Berikut ini adalah tips berhasil nego gaji social media specialist untuk kamu!

Riset tentang Perusahaan dan Data Gaji

Pertama, kamu harus tahu lokasi perusahaan untuk tahu berapa nilai UMP pada lokasi tersebut. Sebab kamu harus memastikan gajimu tidak berada di bawah batas UMP.

Selanjutnya, cari tahu informasi gaji perusahaan termasuk gaji di perusahaan lain untuk posisi yang sama. Informasi ini bisa kamu temukan di internet, yang mana informasi tersebut akan membantumu memahami range gaji yang masuk akal untuk posisi yang diincar.

Renungkan Kualifikasi dan Kompetensimu

Sepanjang interview, kamu harus tahu tugas dan tanggung jawab yang akan dilimpahkan saat kamu bekerja sebagai social media specialist. Misalnya apakah hanya khusus satu media sosial, atau banyak media sosial sekaligus. 

Bandingkan tugas dan tanggung jawab itu dengan skill serta pengalaman kerja yang kamu miliki. Jangan ragu untuk menyampaikan pencapaian yang pernah kamu dapatkan, dan rencana apa yang akan kamu aplikasikan pada perusahaan. Hal ini akan menunjukkan kompetensi dan kemauan untuk mengembangkan perusahaan.

Tetapkan Range Gaji dan Ekspektasi

Semakin banyak pengalaman yang kamu miliki, kamu juga berkesempatan untuk meminta gaji yang lebih tinggi. Namun demikian, jangan sampai kamu mematok nominal terlalu tinggi. 

Oleh karena itu, buatlah range gaji social media specialist yang kamu harapkan agar membuka ruang untuk diskusi dengan perusahaan. Pastikan pendapatanmu cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ya!

Tanyakan Fasilitas dan Benefit yang Akan Diperoleh

Selain gaji, perusahaan biasanya juga menawarkan benefit lain yang akan diperoleh pada saat bergabung di suatu perusahaan. Biasanya perusahaan juga memiliki fasilitas lain untuk karyawan seperti jaminan kesehatan, uang lembur, atau uang makan.

Untuk posisi social media specialist kamu bisa menanyakan apakah akan disediakan ponsel, laptop, dan kuota dari kantor. Bukan bermaksud perhitungan, namun ketersediaan perangkat pendukung semacam ini juga bisa mendukung kinerjamu sebagai seorang social media specialist.

Selain itu, tanyakan juga apakah kamu bisa bekerja secara remote atau harus datang ke kantor. Sebab social media specialist bisa menjadi salah satu contoh kerja freelance yang bisa dilakukan dari mana saja asalkan didukung fasilitas perusahaan.

Tetap Tenang, Ini Saatnya Menunjukkan Kemampuan Negosiasi

Pastikan kamu tidak tergesa-gesa menyebutkan nominal gaji yang kamu harapkan. Dengarkan dulu hal-hal apa saja yang akan ditawarkan perusahaan, dan tunggu sampai mereka menanyakan ekspektasi gaji yang diharapkan. 

Jika sudah disebutkan, tetap jaga ekspresi dengan baik. Ketenangan yang kamu tunjukkan saat negosiasi bisa menjadi kunci keberlanjutan kariermu di perusahaan.

Nah itu dia 6 tips negosiasi gaji social media specialist untuk kamu. Semoga interview dan proses negosiasi gaji berjalan lancar ya!

Share this: 
GrowSkill

GrowSkill

GrowSkill adalah platform self-development yang mengajarkan skill untuk meningkatkan pendapatan Anda melalui dunia digital

GrowSkill
GrowSkill

GrowSkill adalah platform self-development yang mengajarkan skill untuk meningkatkan pendapatan Anda melalui dunia digital

Related Posts

Most Popular