Growskill – Sebelum memulai jualan online biasanya seorang seller melakukan riset produk terlaris di Shopee dengan teliti. Temuan riset ini akan menentukan produk, arah bisnis, strategi bisnis, target pembeli dan target penjualan kedepannya.
Bagaimanakah cara untuk mengefektifkan riset, yuk pelajari 5 strategi efektif untuk Riset Produk Terlaris di Shopee 2024
Lihat Halaman Rekomendasi saat Riset Produk Terlaris di Shopee
Jika kamu perhatikan, Shopee menempatkan halaman Rekomendasi di beranda utamanya. Bagian ini biasanya menampilkan produk-produk yang mungkin menarik bagi pembeli berdasarkan riwayat pencarian dan transaksi pencarian mereka. Pada halaman ini kamu bisa memaksimalkan informasi yang tertera dengan menemukan produk-produk yang belum dimiliki toko kompetitor. Perhatikan juga pilihan varian produk atau fitur yang disediakan. Apakah informasi seperti itu yang menonjol dan membuat pembeli tertarik membeli produk yang dimaksud. Dari situ kamu bisa memaksimalkan data yang ditemukan menjadi strategi produk yang ingin kamu jual.
Fitur Produk Terlaris
Ini adalah fitur kedua yang wajib kamu manfaatkan. Eksplorasi Fitur Produk Terlaris di Shopee. Caranya, masukkan kata kunci produk yang ingin kamu cari, lalu gunakan filter Produk Terlaris. Cara ini kan membantu kamu menemukan daftar produk yang paling banyak diminati konsumen. Pelajari setiap produk yang muncul, baik itu ulasan dari konsumen, persaingan harga penjualan, hingga jumlah item yang terjual.
Shopee Mall
Masuk ke beranda Shopee lalu cari halaman Shopee Mall, pilih tab Trending Brands. Kamu bisa memilih sub kategori brands yang tercantum di halaman ini. Kamu bisa memilih diantaranya Brand of The Day, Hot Product, atau Koleksi Pilihan. Dari halaman ini kamu bisa mendapatkan sumber inspirasi baik harga maupun tren pasar saat ini.
Fitur Pencarian Populer
Dari beranda Shopee masukkan kata kunci yang ingin kamu cari dalam tab pencarian. Kemudian, pilih tab Top Sales di bawah kotak pencarian. Kamu akan menemukan data produk terlaris dari kategori produk tersebut. Pada fitur ini kamu bisa menyesuaikan kebutuhan pencarianmu berdasarkan harga produk, toko atau kompetitor dan lainnya.
Analisa Berdasarkan Kategori
Shopee memiliki banyak kategori produk di dalam platformnya. Melakukan analisa berdasarkan kategori juga bisa kamu lakukan untuk mengetahui respon pembeli terhadap produk tersebut. Pilihlah kategori produk yang paling sesuai dengan bisnismu.
Lihat produk-produk yang mendominasi penjualan dan halaman di kategori tersebut. Perhatikan dengan seksama faktor-faktor yang membuat produk tersebut laris manis. Apakah kompetisi harga, tren produk saat itu, fitur produk ataupun kualitas produk.
Dari temuan ini kamu bisa menentukan produk apa yang sebaiknya kamu jual dan lengkapi di halaman tokomu.
Semua informasi di atas bisa kamu dapatkan seutuhnya di dalam platform Shopee itu sendiri. Rajin-rajinlah memantau tren produk yang sedang terjadi. Atau lakukan riset secara berkala berdasarkan ketentuan yang kamu siapkan sebelumnya.
Seperti riset menjelang hari raya lebaran, riset menjelang hari natal, riset menjelang libur sekolah atau menjelang tahun ajaran baru. Sering kali hasil tiap riset akan menghasilkan hasil yang berbeda, karena tren suatu produk selalu berubah setiap tahunnya.
Pastikan setiap poin di atas kamu lakukan secara berkala. Pencarian data riset produk terlaris di Shopee akan sangat membantumu mengikuti perkembangan kebutuhan customer Shopee dari waktu ke waktu. Pastikan juga kamu memantau bagaimana kompetitor menempatkan harga dan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan Shopee seperti Gratis Ongkos Kirim dan promo lainnya. Biasakan selalu mengupdate semua informasi tersebut demi kesuksesan bisnis onlinemu.