Growskill – Sudah punya toko online, sudah mulai berjualan online. Sudahkah kamu memahami cara memasarkan produk online? Jika belum mengenal pemasaran secara online, ayo pelajari bersama.
Online Marketing menjadi salah satu keahlian terpenting di era ini. Hampir semua bisnis berusaha hadir secara online untuk menjangkau lebih banyak pembeli.
Jika dulu kita mengenal hanya pemasaran offline dan door to door, saat ini pemasaran versi online jadi kunci utama kesuksesan bisnis.
Berkenalan dengan Online Marketing
Kampanye dengan teknik online marketing bisa melalui berbagai medium seperti, media sosial, email, forum online hingga Google. Pemanfaatan platform online untuk menyampaikan produk, layanan dan promosi yang berlangsung bisa dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas di atas.
Semua hal berkaitan dengan online marketing, bisa dilakukan secara gratis dan tanpa bantuan alat-alat tambahan tertentu. Atau dilakukan dengan sistem berbayar agar pesan sampai lebih tepat sasaran dan tujuan.
Cara Memasarkan Produk Online:
Pakai Kalimat Singkat, Jelas dan Padat
Pemasaran online harus singkat, padat dan tepat. Tidak boleh bertele-tele tapi tidak boleh juga sembarang menyingkat-nyingkat. Pemasaran online berpacu dengan waktu dan ketertarikan mata calon pembeli.
Pastikan pilihan kata yang digunakan dapat memancing rasa penasaran pembaca, atau memancing emosi dan perasaan. Tak lain agar target membaca lebih lama pesan kamu.
Pakai Gambar atau Foto yang Menarik
Gambar atau foto biasanya bisa menjadi daya tarik tersendiri sebuah konten. Gambar yang berwarna atau mengandung cerita mampu menggerakkan hati seseorang untuk mendalami sebuah konten. Pastikan gambar yang dipakai berkualitas tinggi dan baik.
Optimalkan Hastag pada konten di Media Sosial
Hastag di sosial media berfungsi seperti keyword di artikel. Hashtag atau tag akan menyasar secara spesifik orang yang akan kamu target sebagai calon konsumen. Hastag juga memudahkan konten menjadi viral, dan memudahkan konten kamu mendapat perhatian di media sosial.
Upload di Waktu Yang Tepat
Di dunia online marketing, ada waktu-waktu yang dianggap paling mujarab untuk memposting suatu konten. Pastikan kamu mengenali siapa target konsumen dan mengenali aktivitasnya di sosial media, agar postingan kamu hadir disaat orang tersebut aktif berselancar di internet.
Buat Konten Interaktif
Kamu bisa menggunakan konten bergerak atau motion graphic. Konten yang interaktif akan menyenangkan dan memanjakan mata calon konsumen. Kamu juga bisa membuat konten-konten seperti kuis, survei atau mini games yang menarik.
Tambahkan Tombol Share
Tombol share akan membantu kamu mengenalkan produk ke lebih banyak orang. Jika kontenmu menarik, konsumenmu akan dengan senang hati membagikannya kepada orang lain.
Tombol share ini adalah salah satu cara memasarkan produk online paling efektif. Tombol ini memungkinkan mereka membagikan kepuasannya melalui media sosial mereka.
Manfaat Pemasaran Produk Online
Pemasaran online menjadi pilihan yang baik di era bisnis yang serba digital dan online. Kamu sebagai seller akan merasakan langsung manfaat dari pemasaran produk secara online seperti:
- Bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli, lintas provinsi hingga lintas negara.
- Promosi bisa dilakukan tanpa mengenal waktu dan tempat, bisa dilakukan fleksibel kapanpun dan dimanapun.
- Mempermudah komunikasi antara seller dan pembeli. Cara ini memungkinkan kamu merespon pertanyaan konsumen secara cepat.
- Hemat biaya dan tenaga, karena cukup bermodalkan kemampuan editing dan copywriting, untuk menyampaikan pesan dan promosi kepada calon pembeli.