Growskill – Loker copywriter di situs freelance Indonesia tidak pernah habis. Setiap usaha tentunya ingin mempromosikan produk dan untuk melakukannya dibutuhkan peran seorang copywriter.
Kamu ingin segera apply loker copywriter? Pastikan kamu memiliki skill yang dibutuhkan penulis iklan!
Apa itu Copywriter?
Copywriting adalah seni menulis teks persuasif yang menarik dan meyakinkan. Teks ini dibuat untuk keperluan pemasaran dan promosi serta bertujuan untuk menarik perhatian orang. Setelah tertarik, teks ini diharapkan juga dapat mendorong audiens untuk melakukan sesuatu, seperti membeli produk, mendaftar layanan, atau mengeklik tautan.
Skill yang Dibutuhkan Seorang Copywriter
Untuk bisa menjadi copywriter andal, kamu harus mengasah skill–skill yang dibutuhkan. Berikut ini adalah daftar skill yang wajib kamu miliki sebelum apply loker copywriter di situs freelance Indonesia!
Kemampuan Menulis
Teks iklan yang baik harus ringkas dan jelas, relevan, serta mengandung solusi. Setidaknya sebuah teks iklan harus mengandung headline, body copy yang menawarkan USP produk, dan Call to Action (CTA). Akan lebih baik lagi jika teks iklan buatanmu juga memuat social proof seperti testimoni dan ulasan dari pembeli serta pengguna produkmu.
Kemampuan menulis ini harus dibarengi pengetahuan dasar seperti ejaan, penggunaan kata hubung, dan diksi yang tepat. Pastikan tidak ada salah ketik yang mengakibatkan iklan memiliki makna yang berbeda bahan mengundang kebingungan.
Menganalisis Pasar dan Kompetitor
Copywriter andal seperti kamu perlu memiliki kemampuan untuk melakukan riset, baik itu pasar secara keseluruhan maupun kompetitor. Hasil riset ini yang kemudian harus dianalisis untuk menghasilkan konten yang relevan dan persuasif.
Kamu juga harus bisa mengamati pergerakan kompetitor. Menilai apa kelebihan brand tempat kamu bekerja yang bisa digunakan untuk menandingi kelemahan kompetitor.
Kemauan untuk Berempati
Tidak boleh dilewatkan, copywriter andal harus bisa berempati kepada target audiens. Kemampuan untuk berempati menjadi langkah pertama untuk bisa memahami apa yang menjadi masalah dan kendala mereka.
Caranya adalah bertanya langsung pada audiens, mendengarkan, dan menerima masukan yang diberikan. Dari situ kamu harus bisa mengkomunikasikan keunggulan brand yang bisa menjadi solusi atas masalah-masalah tersebut. Ketika ada masukan, pastikan brand berbenah menjadi lebih baik.
Melihat Apa yang Sedang Tren atau Menciptakan Tren
Agar produk kamu tetap relevan, amati hal-hal apa saja yang sedang ramai dibicarakan. Bukan berarti kamu harus serta-merta mengikuti tren, justru kamu harus berpikir kreatif untuk mengombinasikan tren dan produkmu.
Di sisi lain, copywriter andal harus membuat formula iklan sesuai dengan identitas brand. Menjaga konsistensi brand lebih penting dari pada sekadar mengikuti tren. Oleh karena itu, jika memang tidak cocok kamu tidak harus terus mengikuti trend bahkan akan lebih baik jika kamu bisa membuat iklan yang menjadi trending topic.
Menyesuaikan Brand dengan Platform
Menjadi copywriter juga berarti kamu harus pandai menyesuaikan media tempat di mana iklanmu akan dipublikasikan. Apakah pada media terbatas seperti billboard, kolom majalah dan koran, atau media tidak terbatas seperti media digital?
Bahkan publikasi iklan di media digital seperti Tiktok dan Instagram perlu pendekatan yang berbeda. Masing-masing media memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, akan lebih baik jika kamu bisa memanfaatkan kelebihan itu secara maksimal.
Baca juga:
Menyesuaikan Gaya Bahasa dengan Setiap Audiens
Selain media yang digunakan, target audiens yang berbeda juga memerlukan pendekatan yang berbeda. Ingat copywriter bertugas untuk menyampaikan pesan brand kepada audiens yang ditargetkan. Jika proses komunikasi tidak berjalan lancar, bagaimana audiens bisa tertarik membeli produk?
Sederhananya, penggunaan bahasa dan istilah kekinian kurang cocok untuk produk yang memiliki target penjualan orang tua. Jika hal ini tetap dilakukan, bisa jadi target audiens tidak memahami produk apa yang sedang ditawarkan. Sebaliknya, jika menggunakan bahasa yang terlalu kaku tidak akan menarik minat target audiens yang berusia muda.
Kemampuan Kolaborasi dengan Banyak Tim
Kegiatan mempromosikan suatu produk memerlukan kerja sama tim yang luar biasa. Dimulai dari proses riset, penyusunan copy, proses pengambilan video atau gambar, editing, publikasi, dan evaluasi perlu melibatkan banyak tim.
Oleh karena itu, copywriter harus bisa menjalin komunikasi yang baik serta bekerja sama dengan banyak pihak. Kamu harus memahami kebutuhan masing-masing elemen agar proses produksi suatu kampanye dapat berjalan dengan lancar.
Kemampuan Menggunakan Berbagai Jenis Tools
Jika kamu ingin menjadi seorang copywriter, kamu juga perlu memahami beberapa aspek teknis yang sering digunakan dalam digital marketing. Misalnya Content Management System (CMS) tools untuk memastikan proses pengelolaan konten di media sosial berjalan lebih efisien.
Kamu juga perlu memahami kata kunci, meta deskripsi, tag judul, dan praktik SEO lainnya untuk meningkatkan visibilitas konten di mesin pencari. Memahami hal-hal teknis ini akan membantu kamu dalam menciptakan konten yang tidak hanya menarik tetapi juga efektif dalam mencapai tujuan pemasaran digital.
Ketelitian dan Kesabaran
Di era serba digital ini, seringkali kamu dituntut untuk serba cepat. Bekerja dengan cepat dan efisien memang menguntungkan. Namun, kamu juga harus tetap teliti dan sabar. Teliti membaca hasil riset, menganalisis, bahkan teliti membaca ulang copy sebelum dipublikasikan.
Kamu juga harus sabar karena untuk membuat suatu iklan, kamu harus bisa menjadi jembatan untuk banyak pihak. Menunggu feedback, menunggu hasil editing, bahkan sabar menunggu video dari talent atau influencer yang terlibat.
Menerima Feedback dan Evaluasi
Skil yang satu ini wajib dimiliki setiap copywriter. Kamu harus berpikiran terbuka dan selalu siap menerima masukan. Kamu harus bisa menilai apa saja yang berjalan baik dan apa yang masih dari campaign yang sudah kamu jalankan.
Tidak semua kritikan harus kamu terima dan dijadikan masukan. Namun, penting untuk mendengarkannya terlebih dahulu sebelum memilih mana yang kira-kira bisa diterapkan untuk kampanye berikutnya.
Nah itu dia 10 skills yang wajib dimiliki seorang penulis copy. Pastikan kamu mengasahnya dengan sungguh-sungguh sebelum apply loker copywriter di situs freelance Indonesia!