Share this:

Riset Produk Terlaris di Shopee Cara Paling Mudah

Riset Produk Terlaris Shopee

Table of Contents

Growskill – Mencari produk untuk dijual di platform e-commerce seperti Shopee mungkin bisa dibilang susah-susah gampang. Tapi untuk memastikan  produk jualan online kamu laku terjual ada sekumpulan resep penting untuk dilakukan agar dagangan laris manis. Salah satunya dengan cara riset produk terlaris di Shopee. 

Riset ini dibutuhkan karena berkaitan dengan kebutuhan atau keinginan pengguna Shopee. Dari pola pencarian dan pembelian mereka, kita bisa mengetahui produk dengan kategori atau jenis apa yang akan sering dibeli mereka melalui cara online ini. 

Kamu perlu mulai menganalisa apa saja poin penting saat riset dilakukan, dengan panduan Growskill berikut ini.

Kenali Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan

Manfaat dari mengetahui data kebutuhan dan keinginan pelanggan adalah kamu bisa memahami produk seperti apa yang mereka cari dan inginkan. Pengetahuan riset produk terlaris di Shopee ini akan membuat kamu mampu menyediakan produk yang memang dibutuhkan dan diinginkan. Ini akan menghindari terjadi tumpukan stok tak laku terjual.

Lakukan Inovasi

Jika sudah mengantongi data kebutuhan dan keinginan pelanggan selanjutnya kamu bisa memberi solusi atas kebutuhan tersebut. Solusi ini bisa berbentuk produk seperti yang mereka inginkan, atau bahkan kamu menyediakan serangkaian paket lengkap kebutuhan mereka dalam satu toko. 

Kamu juga bisa menyediakan produk-produk yang mempunyai fitur lebih banyak atau kelebihan lainnya. Jika berhasil, tak hanya kebutuhan mereka terpenuhi, tapi juga kamu bisa menciptakan tren atau cabang kebutuhan baru berdasarkan riset produk terlaris di Shopee.

Identifikasi Niche Market

Menyasar Niche Market bisa menjadi peluang bisnis yang besar. Salah satu contoh niche market di platform e-commerce adalah kebutuhan hobi atau hewan peliharaan tertentu. Jika kamu berani menyasar niche market, sudah dipastikan kamu sudah mengetahui siapa calon atau target market usahamu. Jika berhasil mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan niche market, kamu akan bisa mendalami informasi volume pencarian, jumlah dan jenis permintaan produk.

Pilihan menyasar niche market memungkinkan kamu fokus pada barang-barang yang tidak banyak disediakan kompetitor ataupun toko offline lainnya. Sehingga kamu bisa memaksimalkan kebutuhan pembeli langsung di toko yang kamu miliki berdasarkan temuan riset produk terlaris di Shopee.

Temukan Keunggulan yang Kompetitif

Jika kamu sudah mengetahui siapa target yang akan kamu sasar. Kamu bisa berusaha menjadi seller unggulan dengan cara menyediakan produk yang unik dan tidak banyak beredar di Indonesia. Kamu mungkin bisa mencari produk-produk tersebut dari luar negeri maupun dari produsen lokal yang belum tersentuh perdagangan online.

Kamu juga bisa menemukannya dengan mencari produk dengan inovasi terbaru yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur atau mencari produk hasil modifikasi atau customized.

Riset produk terlaris di Shopee biasanya memang dilakukan di awal merintis toko. Nantinya, riset serupa bisa kamu ulangi lagi setiap tahun, atau sewaktu kamu merasa target penjualan mengalami penurunan dari tren yang biasa terjadi.

Share this: 
GrowSkill

GrowSkill

GrowSkill adalah platform self-development yang mengajarkan skill untuk meningkatkan pendapatan Anda melalui dunia digital

GrowSkill
GrowSkill

GrowSkill adalah platform self-development yang mengajarkan skill untuk meningkatkan pendapatan Anda melalui dunia digital

Related Posts

Most Popular

Belajar membangun bisnis online dari nol GRATIS bersama kami